Selasa, 07 Juli 2015

Alasanologi VS Rasionalogi

   Cukup menggelitik sekaligus menyiratkan perenungan  yang mendalam  setelah menelaah buku karya Jaya suprana yang berjudul “ALASANOLOGI” Kata  ALASAN yang bisa berarti sangat luas,kompleks  dan bisa berkonotasi  fleksibel cukup menjadi banyak alasan kanapa saya menulis tulisan ini,apa alasan nya? karena saya membeli bukunya,apa alasan membeli buku nya? karena saya ingin tau pola pikir jaya suprana mengambil tema alasan,kenapa ingin tau?? bla bla bla dst dst dst....!! yaaaa betul yg namanya “Alasan” tak pernah berujung selalu ada alasan di balik alasan.

Bila kita merunut alasan sebagai mana kita melihat dan merenungi setiap aspek kehidupan,akan ada banyak alasan kenapa dan bagaimana kehidupan bisa tercipta secara harmonis di bumi kita tercinta bahkan di alam semesta? jawabannya sederhana “karena ada alasannya!” Rasa ingin tau selalu menjadi alasan pendorong  akan apa yg di sebut evolusi  sebagai mana alasan itu berevolusi  dari waktu ke waktu.

Rasa keingintauan setiap makhluk menjadi cara untuk bertahan hidup untuk menjadi sempurna,seperti manusia  yang selalu meng klaim bahwa  dirinya makhluk paling sempurna diantara makhluk hidup lain nya yang secara tdak langsung justru upaya untuk  menutupi ketidaksempurnaan nya tersebut,Alasan adalah cara setiap makhluk hidup agar beralasan untuk berkembang dalam seleksi alam yang rumit dan kompleks.

Bisa di simpulkan bahwa manusia akan selalu mencari alasan untuk menjadi sempurna baik secara kecakapan fisik,pemikiran maupun spiritual dan akan terus mencari tau apa alasan mereka hidup dan bernafas di bumi dan akan terus mencari tau apa alasan alam semesta tercipta ,yg sebenarnya jawaban dari alasan itu sudah ada miliyaran tahun yang lalu sebelum bahkan kehidupan masih menjadi bibit,hanya saja di butuhkan waktu untuk  meyelami  alasan menjadi sebuah pembenaran dan wajar lah alasan akan terus berkembang dan berevolusi untuk menemukan ujung pangkalnya.

yup begitulah sistem alasan bekerja dan bertransformasi karena alasan akan selalu menjadi koma yg 
akan terus mencari titik.

Selamat  berfikir Rasional 

                                                                                                                                                    

 Andriana Ari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar